8 Aplikasi Keyboard Terbaik di Android untuk Tahun 2019

Sebagian besar dari pengguna Android biasanya menggunakan aplikasi keyboard default yang sudah terpasang sebelumnya di perangkat mereka.

Namun, ada banyak pilihan aplikasi alternatif lainnya di Google Play Store dengan fitur yang lebih lengkap dan juga menarik.

Aplikasi-aplikasi pihak ketiga itu biasanya hadir dengan fitur clipboard, tema menarik, opsi swipe, tata letak yang dapat disesuaikan, dan fitur-fitur baru lainnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, artikel kali ini akan membahas tentang daftar aplikasi keyboard terbaik di Android untuk tahun 2019.

Aplikasi keyboard Android terus berevolusi, mulai dari datangnya fitur auto-correct sampai dengan fitur clipboard untuk memudahkan proses copy-paste saat sedang mengetik.

Kebutuhan akan keyboard yang efisien dan efektif telah menjadi kebutuhan setiap para pengguna.

Maka dari itu, daftar aplikasi keyboard berikut diharapkan dapat menjadi referensi untuk menentukan keyboard alternatif pengguna.

Sebagai tambahan, pengguna diharapkan untuk selalu berhati-hati dalam meng-install aplikasi pihak ketiga apapun.

Pastikan aplikasi tersebut berasal dan diunduh dari sumber yang tentunya terpercaya.
Berikut ini beberapa keyboard android terbaik yang akan saya bahas.

Aplikasi Keyboard Terbaik di Android untuk Tahun 2019

1. Touchpal

TouchPal adalah sebuah aplikasi keyboard untuk Android yang telah memenangkan berbagai penghargaan.

Keyboard ini juga memiliki lebih dari 500 juta pengguna di seluruh dunia. Aplikasi ini dapat dikatakan sudah ada sejak lama sekali.

TouchPal juga merupakan sebuah aplikasi keyboard yang kaya fitur, termasuk fitur yang diperlukan seperti dukungan GIF, emotikon & emoji, pengetikan suara, pengetikan gesekan, ketikan isyarat, keypad T+ & T9, koreksi otomatis, teks prediktif, baris angka, dukungan multibahasa, dll.

Fitur tambahan dari aplikasi keyboard Android pihak ketiga ini juga mencakup pengenalan suara, stiker, penulisan sekali sentuh, dan fitur yang berguna lainnya.

Touchpal tersedia secara gratis dan kompatibel dengan sebagian besar ponsel Android.

2. Gboard

Gboard adalah salah satu aplikasi keyboard milik Google yang awalnya adalah Google Keyboard.

Google memperbarui aplikasi Google Keyboard untuk pengguna Android ke Gboard pada bulan Desember 2016 lalu.

Meskipun begitu, Gboard masih memiliki banyak fitur yang sama dengan Google Keyboard, yaitu kecepatan dan keandalan, ketikan isyarat, pengetikan suara, dll.

Selain itu, pembaruan ini juga menambahkan mesin pencari Google yang telah terintegrasi sepenuhnya ke dalam Gboard.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan dan berbagi hasil pencarian langsung dari keyboard dengan cepat.
Selain itu, Gboard juga telah mendukung GIF dan emoji.

Gboard ini memiliki desain minimalis yang sangat cocok dengan desain material.

Fungsionalitas lainnya termasuk opsi untuk tema gelap (dark), menambahkan gambar pribadi sebagai latar keyboard, dikte suara, prediksi frasa, dan pengenalan emoji yang digambar dengan tangan.

Selain itu, Gboard ini juga memiliki dukungan untuk pengetikan multibahasa dan mendukung lebih dari 100 bahasa yang berbeda.

Aplikasi keyboard kaya fitur dan lugas ini sepenuhnya dapat kalian unduh secara gratis.

Gboard juga tidak menampilkan iklan yang tidak perlu dan tidak memiliki pembelian dalam aplikasi.

3. SwiftKey

SwiftKey adalah salah satu aplikasi keyboard terbaik di Android untuk menggantikan aplikasi keyboard default pengguna.

Aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 250 juta pengguna di seluruh dunia, SwiftKey telah diakuisisi oleh Microsoft dengan harga yang tinggi.

Aplikasi keyboard Android ini menggunakan AI yang memungkinkannya untuk belajar secara otomatis dan memprediksi kata berikutnya yang ingin diketik oleh pengguna.

8 Aplikasi Keyboard Terbaik di Android untuk Tahun 2019

Swiftkey memiliki fitur auto-correct dan gesture typing untuk mendukung pengetikan yang lebih cepat.

Aplikasi ini mempelajari pola mengetik pengguna dan menyesuaikan dengan sendirinya.

Aplikasi keyboard ini juga hadir dengan beragam tema yang bagus, emoji, mesin pencari GIF inbuilt, dukungan bilingual, dan baris angka terpisah.

Selain itu, SwiftKey ini juga memiliki kebijakan privasi yang meyakinkan. Aplikasi ini telah diatur untuk tidak menyimpan password dan nomor kartu kredit pengguna.

Secara keseluruhan, dapat dikatakan bahwa SwiftKey ini dapat membuat pengetikan terasa jauh lebih baik.

Swiftkey dapat kalian unduh secara gratis dengan beberapa pembelian dalam aplikasi untuk tema tambahan.

4. Fleksy + GIF Keyboard

Fleksy ini dikenal sebagai salah satu aplikasi keyboard tercepat untuk Android saat ini.

Aplikasi ini memegang rekor dunia dalam kecepatan mengetiknya dua kali. Fleksy menggunakan autocorrect dan gesture control next gen sehingga pengguna dapat mengetik secara akurat dalam waktu yang lebih singkat.

Pengguna juga dapat melakukan gerakan swiping untuk mengontrol fungsi standar, seperti menambahkan tanda baca, ruang, menghapus, dan memperbaiki kata dengan cepat.

Selain itu, Fleksy juga sangat mudah dikustomisasi.
Aplikasi ini memiliki lebih dari 50 tema menarik, tiga ukuran keyboard yang dapat disesuaikan, lebih dari 800 Emoji, GIF, dll.

Pengguna aplikasi juga dapat membuat pintasan keyboard, menavigasi aplikasi langsung dari keyboard, dan menggunakan clipboard untuk menyalin/menempel (copy-paste).

Fleksy juga mendukung lebih dari 40 bahasa yang berbeda.
Untuk keamanan, aplikasi keyboard ini memiliki kebijakan privasi yang ketat.

Fleksy tidak mengumpulkan data pribadi apa pun tanpa izin pengguna. Secara umum, Fleksy adalah salah satu aplikasi keyboard terbaik di Android saat ini.

Selain juga tidak menampilkan iklan, Fleksy dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

5. Chrooma Keyboard

Chrooma memiliki banyak kemiripan dengan Gboard.
Namun, Chrooma menyediakan lebih banyak pilihan yang dapat disesuaikan daripada Gboard.

Melalui Chrooma, pengguna akan menemukan semua fitur penting seperti pengetikan gesekan (swipe typing), ketikan isyarat, penyesuaian ukuran keyboard, pengetikan prediksi, dan auto-correct.

Chrooma juga memiliki beberapa fitur tambahan seperti penambahan baris nomor terpisah, dukungan emoji, pencarian GIF, dukungan multibahasa, mode satu tangan, dll.

Chrooma juga memiliki fitur mode malam yang dapat mengubah nada warna keyboard, yang dapat pengguna aktifkan menggunakan timer.

Selain itu, aplikasi keyboard untuk ini didukung oleh AI yang dapat membantu pengguna mengetik dengan lebih tepat dan cepat.

Hal menarik lainnya tentang aplikasi keyboard Chrooma ini adalah mode warna adaptif.

Warna keyboard ini secara otomatis dapat menyesuaikan dengan warna aplikasi yang sedang digunakan dan membuat keyboard ini tampak seperti bagian dari aplikasi tersebut.

Chrooma memiliki versi gratis yang hadir dengan beberapa pembelian dalam aplikasi.

Versi berbayar memberi pengguna beberapa opsi yang lebih dapat disesuaikan seperti menonaktifkan baris tindakan, lebih banyak tema, dan opsi lebih lanjut untuk mengubah tampilan keyboard.

6. Swype Keyboard

Swype adalah aplikasi keyboard yang menakjubkan untuk Android. Keyboard ini juga memiliki konsep yang mirip dengan keyboard SwiftKey.

Swype sudah ada sejak lama, yaitu dikembangkan pada tahun 2002. Kemudian, aplikasi keyboard ini diakuisisi oleh Nuance Communication pada tahun 2011 yang kemudian melanjutkan pengembangannya.

Swype ini menggunakan algoritma error-correction dan model bahasa untuk mempelajari kosakata unik pengguna, dan memprediksi kata-kata pengguna berdasarkan penggunaan sebelumnya.

Aplikasi keyboard ini sangat mudah disesuaikan dan juga dilengkapi dengan koleksi tema dan emoji yang sangat banyak.

Swype juga memiliki dukungan bilingual dan memungkinkan pengguna memasukkan kata-kata dari dua bahasa sekaligus.

Selain itu, Swype juga membanggakan perangkat lunak pengenal suaranya (voice recognition), Dragon Dictation.

Perangkat lunak ini juga menyediakan kemampuan speech-to-texts yang akurat dan cepat.

Keyboard Android ini disediakan secara gratis, namun pengguna akan membuka banyak fitur jika menggunakan Swype yang versi berbayar.

7. Go Keyboard

Go Keyboard merupakan salah satu aplikasi keyboard terbaik di Android untuk mengganti keyboard default pengguna.

Keyboard ini memiliki desain sederhana dan minimalis yang cukup praktis. Go Keyboard ini juga dapat memperbaiki dan meringankan kebiasaan mengetik pengguna dengan fitur auto-correctnya.

Di antara banyak fitur yang ditawarkan, Go Keyboard ini mendukung berbagai bahasa, bahkan bahasa yang tidak menggunakan skrip Romawi.

Keyboard ini juga memiliki kamus yang terintegrasi yang dapat memberi tahu pengguna arti kata apa pun dalam bahasa apa pun.

Go Keyboard juga menyediakan lebih dari 1000 tema yang berbeda, emoji, GIF, font, dll.

Selain itu, keyboard ini juga menawarkan fitur swipe-to-unlock demi keamanan pengguna.

Go Keyboard dapat diunduh secara gratis, namun menampilkan iklan dan memiliki pembelian dalam aplikasi.

8. Ai.type Keyboard

Keyboard aplikasi terbaik di Android lainnya adalah Ai.type keyboard. Aplikasi ini memiliki fitur penting yang harus dimiliki oleh sebuah keyboard.

Fitur-fitur tersebut mencakup fitur clipboard untuk copy/paste, prediksi kata dan emoji, tema yang adaptive yang mirip dengan yang dimiliki Chrooma, swipe typing, kalkulator, berbagai tema untuk kustomisasi keyboard, dan masih banyak lagi.

Untuk ketersediaan, pengguna dapat mengunduh Ai.type keyboard ini secara gratis di Google Play Store.

Informasi diatas itu termasuk salah satu informasi yang dapat saya bagikan kepada teman-teman mengenai 8 aplikasi keyboard terbaik di android untuk tahun 2019.

Semoga informasi tersebut dapat memberikan manfaat bagi semua yang membaca dan jangan lupa untuk membaca artikel-artikel saya lainnya.

Related Post to 8 Aplikasi Keyboard Terbaik di Android untuk Tahun 2019